By On Senin, Januari 30 th, 2017 · no Comments · In ,

Awal tahun menjadi moment emas bagi setiap Organisasi Mahasiswa Universitas Airlangga (ORMAWA UNAIR) untuk melaksanakan regenerasi struktur kepengurusan, tak terkecuali Unit Kegiatan Mahasiswa UNAIR (UKM UNAIR). Bersama dengan bidang Kemahasiswaan Universitas, sebanyak 84 mahasiswa yang terdiri dari ketua dan sekretaris UKM periode 2017 yang tergabung dalam 40 UKM UNAIR dengan tiga UKM baru diantaranya yaitu UKM Tahfidzul Qur’an, UKM Airlangga Aquatik dan UKM Pagar Nusa serta empat orang dari Forum Komunikasi (FORKOM UKM 2017) mengadakan Lokakarya Pembekalan UKM di Royal Trawas Cottage pada tanggal 20-22 Januari 2017.
Pembekalan ini dilakukan guna untuk melibatkan UKM UNAIR sebagai komponen strategis dalam mewujudkan pencapaian UNAIR menuju World Class University (WCU) pada tahun 2020. Berkaca dari tahun sebelumnya, lebih dari 50% prestasi Universitas adalah hasil pencapaian dari UKM UNAIR. Untuk mencapai itu semua, peserta lokakarya dibekali berbagai materi dari petinggi universitas seperti Sekretaris Universitas, Direktur Kemahasiswaan, Direktur Sarana Prasarana dan Lingkungan, Wakil Dekan Fakultas Vokasi, Pembina UKM, Kasubdit Program Kemahasiswaan dan koordinator Bidang Minat dan Bakat.
“Pembekalan ini bertujuan untuk penguasaan Visi dan Misi Universitas, sehingga mahasiswa yang tergabung dalam UKM UNAIR dapat menjadi pioner yang bermoral dan bermartabat dalam hal pencapaian prestasi di universitas” jelas Koko Srimulyo selaku sekretaris universitas.
Berada di Wishnu Kencana Hall, satu demi satu materi disampaikan dan siap dijadikan stimulus dalam berorganisasi yang baik dan terstruktur. Berbagai materi yang disampaikan ini tidak lain seperti keterlibatan UKM dalam Kebijakan Pengembangan UNAIR, Tata Aturan Peminjaman Sarana Prasarana dan Lingkungan yang menjelaskan tentang manajemen administrasi yang baik dalam setiap kegiatan, Perencanaan dan Pengembangan UKM 2017 melalui rencana program kerja selama satu periode kedepan, Penyusunan Evaluasi Diri, Hasil Akreditasi dan Persiapan Reakreditasi, Strategi Pengembangan UKM Menuju Percaturan Global, Ukm UNAIR sebagai Sarana Pembangunan Karakter ke UNAIRan, Strategi Peningkatan Softskill dalam Kegiatan Minat Bakat dan Peran FORKOM UKM.
Melihat pentingnya materi yang dipaparkan oleh pemateri, pembekalan yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB itu akhirnya berhasil memancing semangat dari para peserta. Seperti yang dikatakan oleh salah satu anggota UKM berikut.
“Pembekalan selama tiga hari ini sangat menarik dan saya rasa memang sangat diperlukan bagi semua temen-temen UKM, dan juga jangan majukan UKM lewat UNAIR tetapi majukan UNAIR lewat UKM kata-kata itu menjadi prinsip saya sekaligus bisa menjadi penyemangat kepada 40 UKM UNAIR” kata Eko Setyo Widodo Ketua UKM Kependudukan 2017.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *